Sep 10, 2020 Motivas Berbisnis

Standar Yang Wajib Dipenuhi Dalam Ekspor

Sementara itu, Direktur Pengembangan Produk Ekspor Kemendag Olvy Andrianita menjelaskan pengembangan pasar tujuan ekspor produk halal Indonesia tidak hanya ditujukan ke negara mayoritas penduduknya Muslim, tapi juga non-Muslim. Sebelumnya, Direktur Pengembangan Produk Ekspor Kementerian Perdagangan, Olvy Andrianita, mengatakan bahwa dalam konteks perdagangan, sertifikasi halal sangat penting dilakukan khususnya di dalam upaua meningkatkan produk ekspor nasional. “Jika bahan baku yang digunakan berasal dari bahan yang telah dipastikan halal, maka ini akan sekian persen memudahkan proses berikutnya dalam proses produk halal yang dilakukan. Implikasinya, tentu ini akan mempercepat proses sertifikasi halal,” jelasnya. PADANG — Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Padang memastikan jumlah sertifikasi komoditas pertanian yang meningkat dan berdampak signifikan terhadap kenaikan nilai ekspor komoditas pertanian asal Provinsi Sumatra Barat pada periode Januari hingga Agustus 2021.

Sertifikasi Ekspor

Pembelajaran jarak jauh domestik terhubung dari Pusat Pelatihan Ekspor Impor ke Surabaya, Medan, Makassar, dan Banjarmasin untuk menjangkau UKM Indonesia yang berada di daerah. Pusat Pelatihan Ekspor Indonesia tersebut menawarkan berbagai program pelatihan baik jangka pendek (1-7 hari) maupun jangka panjang (1-2 bulan) yang dirancang oleh praktisi dan instruktur yang berpengalaman dengan berfokus pada isu-isu perdagangan untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang riil. Dengan kerjasama dan bantuan dari Japan International Cooperation Agency , DGNED mendirikan Pusat Pelatihan Ekspor Indonesia di Jakarta pada tahun 1990 untuk meningkatkan pengetahuan eksportir, keterampilan, dan daya saing. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Bandung. Uji ini untuk membekali kemampuan mahasiswa dibidang ekspor impor sehingga mampu menjawab kebutuhan SDM dibidang ekspor impor.

Sementara itu, Ketua AP2HI, Yanti Djuari mengatakan walaupun 2020 diwarnai dengan pandemi yang berdampak bagi bisnis tuna di Indonesia, sertifikasi ini menjadi awal baru. [newline]Yanti yakin sertifikasi ini mendorong anggota asosiasi perikanan lainnya untuk terus mengembangkan praktik penangkapan ikan yang berkelanjutan dan tertelusuri. Olvy menyebut, di samping itu, potensi produk halal Indonesia juga harus dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan jemaah haji dan umroh di Arab Saudi. “Yang kita lepas senilai one hundred forty,03 miliar rupiah dengan total quantity 5,4 ribu ton dan 757 batang ke dua belas negara tujuan sekaligus,” ujar Mentan Syahrul melalui keterangannya dari Teluk Lamong Jatim, Jumat(12/3). Penggunaan bahan baku halal dalam proses produksi, lanjut Mastuki, tentu akan memangkas proses yang harus dilakukan oleh auditor halal dalam melaksanakan pemeriksaan dan/atau pengujian kehalalan produk tersebut. Selain itu, dimasa pagebluk tahun 2020, Jamil menyebutkan adanya produk pertanian ekspor unggulan baru antara lain gula merah, Kementan, lidi dan kelor dari sub sektor perkebunan.

Sementara itu Wakil Ketua APHI Iman Santosa menekankan, hutan produksi di Indonesia menghasilkan kayu yang authorized dan berkualitas tinggi setiap tahun. KG Media dapat menggunakan information dirimu untuk proses verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau jika kami menemukan aktivitas mencurigakan. “Sertifikat ini menjadi suatu keharusan bagi setiap unit usaha yang akan mengekspor produk hewannya,” terang Ketut. Ketut menyebutkan, saat ini Kementan juga terus mendesign kegiatan ini agar peternak lokal dapat menerapkannya.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono meminta jajarannya untuk memfasilitasi para pelaku usaha perikanan agar dapat eksis di pasar dunia. Fasilitas tersebut bisa ditunjukkan dari sisi pendampingan, sertifikasi, profiling potensi pasar, hingga memperkuat peran sebagai high quality assurance dari produk yang dihasilkan pelaku usaha. Para pelaku industri kelapa sawit di Indonesia saat ini memang terus berupaya untuk melakukan sertifikasi. Salah satu perusahaan yang telah berkomitmen dalam melakukan sertifikasi adalah Asian Agri. Perusahaan ini telah menjadi anggota RSPO sejak tahun 2006 dan telah mendorong lebih dari seventy five persen petani plasmanya untuk memperoleh sertifikat RSPO. Selain mendapatkan kepastian pasar, sertifikasi ini juga mampu meningkatkan penghasilan para petani.

Selain itu percepatan layanan seperti inline inspection, layanan prioritas serta pemanfaatan teknologi informasi berupa e-Cert, joint inspection dan lainnya guna meningkatkan daya saing produk pertanian. “Namun, hal ini bisa disikapi para pelaku usaha Indonesia dengan melakukan pemetaan dan memanfaatkan berbagai kerja sama perdagangan internasional,” kata dia dalam siaran pers, Jumat, 24 September 2021. Namun, lanjutnya, hal itu bisa disikapi para pelaku usaha Indonesia dengan melakukan pemetaan dan memanfaatkan berbagai kerja sama perdagangan internasional.

Dokumen lain yang dipersyaratkan sesuai ketentuan negara tujuan atau ketentuan internasional yang mengikat. “Indonesia juga harus melakukan penguatan data dukung berbasis kajian ilmiah, melakukan harmonisasi dengan standar internasional, serta mendorong pengakuan dan keberterimaan sertifikasi perdagangan world melalui framework MRA,” ujar Konny. Menjadi Lembaga Sertifikasi Profesi yang berkompeten, profesional, dan independen dalam meningkatkan daya saing tenaga kerja di dalam negeri maupun di luar negeri. Strateginya yakni melalui pemetaan dan memanfaatkan hasil-hasil kerja sama perdagangan internasional.

Menurutnya, hal tersebut dapat dicapai dengan melakukan beberapa strategi seperti pemetaan dan memanfaatkan hasil-hasil kerjasama perdagangan internasional. Direktur Eksekutif Asosiasi Pulp dan Kertas Indonesia, Liana Bratasida, mengungkapkan, Pemerintah telah berupaya meningkatkan daya saing produk ekspor Indonesia melalui program sertifikasi seperti SNI, SVLK, SNI, dan Ekolabel. Menurutnya, sistem perdagangan bergantung pada pasar yang terbuka dimana proses poduksi dilakukan sesuai prosedur dan standar yang konsisten dan memenuhi permintaan konsumen. Makassar, 24 September 2021 – Direktur Pengamanan Perdagangan Natan Kambuno mengajak pelaku mengubah tantangan persyaratan sertifikasi yang ditetapkan oleh sejumlah negara tujuan ekspor menjadi peluang untuk meningatkan ekspor Indonesia.

SobatQ, kapanpun karantina akan selalu mendukung dan membantu ekspor produk pertanian Indonesia. Ironisnya, kenaikan produk kayu bersertifikasi tersebut jutsru tidak diiringi oleh kenaikan ekspor produk kayu Indonesia ke Eropa. Hingga akhir Juni 2013 silam, berbagai media internasional memperkirakan ekspor kenaikan produk kayu dari Indonesia ke Eropa mencapai 114%, di kuartal pertama tahun ini. Dan kedua, kedua belah pihak harus menentukan kapan sistem Indonesia untuk memastikan legalitas kayu dibawah VPA ini akan beroperasi secara penuh. Jika kedua syarat ini sudah dilakukan maka produk kayu Indonesia bisa secara sah masuk ke Eropa. Upaya ini adalah bagian dari kebijakan Uni Eropa untuk memerangi masuknya kayu ilegal ke wilayah tersebut, yang mengakibatkan hancurnya hutan hujan tropis di Asia Tenggara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *