Sep 02, 2020 Motivas Berbisnis

Jokowi Dukung Semangat Pemuda Di Bengkalis Kembangkan Potensi Ekspor

Dan ini pun menjadi salah satu anjuran dari pemerintah khususnya presiden Joko Widodo untuk meningkatkan sistem ekspor sebanyak-banyaknya, untuk mendongkrak kestabilan nilai rupiah dengan dolar. Diadakannya program sekolah ekspor tersebut dilatar belakangi oleh fase pemulihan perdagangan nasional yang sempat terpuruk akibat covid-19. Program ini juga bertujuan untuk mencetak generasi millenial sebagai ekspotir baru di Indonesia. Dengan berbagai sumber daya alam dan potensi yang ada di Indonesia, Indonesia seharusnya bisa menjadi negara dengan tingkat ekspor impor terbaik di ASEAN bahkan di dunia internasional. Dengan adanya kegiatan ekspor maka kita dapat dengan mudah memperoleh bahan baku.

mempelajari Ekspor

Kegiatan ekspor dan impor ini adalah salah satu bentuk dari komunikasi dan kerjasama pada tiap negara. Paling tidak ada satu hal yang harus membuat negara tersebut membangun hubungan baik dengan negara lain untuk memenuhi segala kebutuhannya, seperti dalam kegiatan perekonomian. Anggota sepenuhnya bertanggung jawab dibawah Perjanjian ini atas pelaksanaan semua kewajiban yang tercantum dalamnya.

Hanya, berbagai kendala mulai dari kapasitas produksi hingga ketersediaan kontainer masih menjadi persoalan. Senin, 14 Maret 2016 Badan POM menerima kunjungan 13 orang Delegasi Pemerintah Mesir yang berasal dari beberapa kementerian antara lain Kementerian Perhubungan, Kementerian Pertanian, Kementerian Keuangan, Kementerian Perdagangan dan Industri. Meraka datang dengan tujuan mempelajari dan bertukar pikiran tentang pengalaman Indonesia dalam membangun sistem Indonesia National Single Window . Untuk menghindari upaya ganda dan tumpang tindih, Komite dapat memutuskan untuk menggunakan informasi yang diperoleh dari prosedur, terutama prosedur pemberitahuan, yang digunakan oleh organisasi-organisasi internasional terkait. Kesepakatan SPS dijalankan oleh Komite Ketentuan Sanitasi dan Fitosanitasi , dimana semua anggota WTO dapat berpartisipasi. Komite SPS adalah forum konsultasi dimana anggota WTO secara reguler bertemu untuk berdiskusi tentang ketentuan SPS dan efeknya terhadap perdagangan, mengawasi pelaksanaan Kesepakatan SPS, dan mencari cara untuk menghindari terjadinya potensi perbedaan pendapat.

Perubahan situasi dan kondisi ini memaksa pelaku ekspor dan calon pelaku ekspor yang mau memulai, mau tidak mau harus beradaptasi dan mengganti strateginya untuk menembus pasar ekspor. Terkait cara kerja Dewan Penunjang Ekspor ini akan menjadi bagian dari rapat kerja Kemendag. Salah satunya yaitu mempelajari dan mengeksekusi pasar-pasar tertentu menjadi goal pasar produk dalam negeri.

Berkaitan dengan pengadaan armada kapal, diperlukan juga regulasi yang perlu segera ditetapkan terkait pengadaan kapal ikan, perizinan, alat tangkap, dan PNBP . Anggota harus mendorong dan memfasilitasi partisipasi aktif dari Anggota negara-negara berkembang dalam organisasi-organisasi internasional yang relevan. “Kita akan membangun BPDP dengan CPOPC, karena CPOPC lebih fokus fungsinya untuk memperjuangkan dan mengkampanyekan kelapa sawit di dunia internasional”, ungkap Darmin. “1-2 tahun kedepan kita akan menjadi negara penghasil kelapa sawit yang standarnya tidak bisa dipojok-pojokan orang lain”, tegas Darmin lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *